Ketika Anda menggunakan sebuah komputer, pernahkah terbersit dalam pikiran, “Kira-kira, isi komputer ini apa saja ya?” Sebuah software bernama CPU-Z akan membantu Anda menemukan jawaban atas pertanyaan tersebut. Ya, CPU-Z merupakan sebuah software yang berguna untuk mengetahui apa saja komponen dalam komputer Anda, mulai dari nama dan merk CPU, model Mainboard sampai dengan versi DirectX yang sedang digunakan oleh CPU Anda.

Menilik “Jeroan” Komputer Menggunakan CPU Z Image

Software CPU-Z bersifat freeware alias gratis dan bisa didownload pada alamat http://www.cpuid.com/softwares/cpu-z.html . Namun ketika download perlu diperhatikan bahasa  CPU-Z yang hendak dipasang pada komputer Anda. Apakah versi Bahasa China atau Bahasa Inggris.

Menilik “Jeroan” Komputer Menggunakan CPU Z ImageHalaman download CPU Z

Jika sudah didownload, install software tersebut pada komputer Anda. Jika sudah, tampilan yang akan mucul adalah sebagai berikut,

Menilik “Jeroan” Komputer Menggunakan CPU Z ImageTampilan CPU-Z

Tampilan CPU-Z terbagi atas 7 tab yakni CPUCachesMainboardMemorySPDGraphics dan About. Masing-masing tab berisi informasi sesuai dengan nama tabnya. Misal tab CPU akan berisi nama, jenis, model serta pembuat CPU yang sedang bekerja di komputer Anda, apakah Intel, AMD, atau merk yang lain. Selain itu, tab CPU juga menyediakan informasi tentang berapa core speed dan bus speed di komputer Anda. Disamping tab CPU, terdapat tab Caches. Tab ini menyediakan informasi tentang ukuran cache pada L1, L2, dan L3.

Menilik “Jeroan” Komputer Menggunakan CPU Z ImageSalah satu tab dalam CPU-Z, Mainboard

Selanjutnya adalah tab Mainboard. Tab ini berisi informasi detail mengenai model, chipset, sensor, southbridge, BIOS, dan perusahaan pembuat Mainboard tersebut. Di sebelah tab Mainboard, terdapat tab Memory. Tab ini berisi informasi tentang tipe memory yang digunakan, ukuran, serta channel yang dipakai oleh memory tersebut. Sedangkan tab Graphics menyajikan informasi tentang kartu grafis yang terpasang pada komputer Anda.

Sebagai software gratisan, CPU-Z termasuk cukup mumpuni. Mengapa? Karena software ini mampu mengetahui hampir semua jenis CPU yang biasa dipakai oleh umum. Ukurannya yang cukup kecil juga menjadi nilai tambah software ini. Selain itu, keunggulan lain adalah tampilannya yang simple dan mudah dipahami.  Karena keunggalannya tersebut, CPU-Z sering digunakan oleh teknisi komputer untuk membandingkan kualitas CPU satu dengan yang lain dengan cara membaca informasi yang disediakan oleh CPU-Z. Tertarik mengetahui “jeroan” komputer Anda? Coba CPU-Z.